Jika Nafi Mendahuli Fi’il Mudhori’

20 Apr

Share

 

Jika Nafi Mendahuli Fi’il Mudhori’

Alhamdulillah wa Sholatu wa Salamu ‘alaa Rosulillah Shollallahu ‘alaihi wa Sallam.

Pembaca yang semoga dimuliakan Allah Subhanahu wa Ta’ala, sudah cukup lama rasanya kita tidak menulis dengan tema ilmu ushul atau kaidah tafsir. Maka pada kesempatan kali ini kita mencoba kembali menuliskan sebuah pembahasan ringkas namun Insya Allah akan sangat berguna dalam menafsirkan Ayat Allah ‘Azza wa Jalla di dalam Al Qur’an dan Kalam Nabi Shollalahu ‘alaihi wa Sallam dalam hadits-hadits beliau.

Syaikh Sholeh Alu Syaikh Hafidzahullah mengatakan[1],

Jika Nafi Mendahuli Fi’il Mudhori’ 1

“Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

وَالَّذِينَ هُمْ بِرَبِّهِمْ لَا يُشْرِكُونَ

“Dan mereka adalah orang-orang yang tidak berbuat kemu terhadap Tuhan mereka”. (QS. Al Mu’minun [23] : 59)

Firman Allah Tabaroka wa Ta’ala,

لَا يُشْرِكُونَ

“Dan mereka adalah orang-orang yang tidak berbuat kemu terhadap Tuhan mereka”. (QS. Al Mu’minun [23] : 59)

Menunjukkan peniadaan kemusyrikan. Telah kami sebutkan sebelumnya bahwasanya Nafi (لَا) jika berkaitan langsung dengan Fi’il Mudhori’ (يُشْرِكُونَ) maka akan memberikan faidah keumuman makna Mashdar yang sesuai dengan makna fi’ilnya(شِرْكٌ)”. Seakan-akan Allah ‘Azza wa Jalla berfirman,

(وَالَّذِينَ هُمْ بِرَبِّهِمْ لَا يَفْعَلُوْنَ شِرْكًا)Mereka adalah orang-orang yang tidak melakukan kemusyrikan sedikitpun atau mereka tidak berbuat kemusyrikan besar, kecil dan yang tersembunyi”.

Dengan kata lain tafsirnya adalah mereka (orang-orang yang benar-benar merealisasikan tauhid) merupakan orang-orang yang tidak melakukan perbuatan kemusyrikan sedikitpun baik dalam kecil ataupun besar, yang zhohir maupun yang tersembunyi. Allahu a’lam.

 

 

Sigambal, Setelah Subuh ditemani segelas kopi ginseng

28 Jumadits Tsaniy 1436 H, 18 April 2015 M

Bersama Buah Hatiku Hudzaifah.

[1] Lihat At Tamhid Syarh Kitab Tauhid oleh Syaikh Sholeh bin ‘Abdul Aziiz Aalu Syaikh hal. 37 terbitan Dar At Tauhid, Riyadh, KSA.

 

 

Tulisan Terkait

Leave a Reply