Hikmah Adalah

10 Mar

Share

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Hikmah Adalah

Alhamdulillah wa Sholatu wa Salamu ‘alaa Rosulillah Shollallahu ‘alaihi wa Sallam.

Kita tentu pernah mendengar kata hikmah. Misalnya berdakwah dengan hikmah atau ceramah ustadz fulan penuh hikmah. Masih banyak lagi kalimat yang sering kita dengar dimana termuat di dalamnya kata hikmah. Nah, salah satu makna hikmah yang cukup mencakup luas berbagai kata hikmah adalah apa yang dinukil Ibnul Qoyyim Rohimahullah berikut ini.

Hikmah Adalah

“Sesungguhnya Allah Subhana wa Ta’ala bersaksi atas orang yang dianugrahi ilmu bahwa Dia telah memberikan banyak sekali kebaikan. Allah Ta’ala berfirman,

يُؤْتِي الْحِكْمَةَ مَنْ يَشَاءُ وَمَنْ يُؤْتَ الْحِكْمَةَ فَقَدْ أُوتِيَ خَيْرًا كَثِيرًا

“Dia menganugerahkan al hikmah kepada siapa yang dikehendaki Nya. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah berarti ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak”. (QS. Al Baqoroh [2] : 269)

Ibnu Qutaibah dan Jumhur Ulama mengatakan, “Hikmah adalah sesuai dengan kebenaran dan beramal dengannya. Artinya (hikmah adalah) ilmu yang bermanfaat dan amal sholeh”.

Sekian kutipan dari Kitab Miftah Dar As Sa’adah hal. 227/I terbitan Dar Ibnu Affan.

Kesimpulannya hikmah adalah sesuatu yang sesuai dengan kebenaran yaitu Al Qur’an dan Sunnah Nabi Shollallahu ‘alaihi wa Sallam serta pemahaman para shahabat Rodhiyallahu ‘anhum yang diikuti pengamalan atasnya. Allahu a’lam.

 

Selesai Subuh, 1 Jumadil Akhir 1437 H, 10 Maret 2016 M

Aditya Budiman bin Usman.

Tulisan Terkait

Leave a Reply