Sholat ‘Isya Dengan Imam Sholat Tarawih

3 Apr

Share

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Sholat ‘Isya Dengan Imam Sholat Tarawih

Alhamdulillah wa sholatu wa salamu ‘alaa Rosulillah wa ‘alaa ashabihi wa maa walaah.

Sebentar lagi Bulan Romadhon, artinya kita akan melaksanakan sholat tarawih. Boleh jadi kita telat datang hingga sholat Isya berjama’ah luput. Lantas bagaimana, apakah anda sholat sendirian atau bagaimana ?

Temukan jawabannya dalam soal jawab berikut[1].

Pertanyaan :

Sholat ‘Isya Dengan Imam Sholat Tarawih 1

“Seorang lelaki mendatangi sholat Jama’ah ketika mereka sedang melaksanakan sholat tarawih namun dia mengetahui hal itu. Apakah dia sholat bersama mereka dengan niat ‘Isya atau sholat sendirian ?”

 

Jawaban :

Sholat ‘Isya Dengan Imam Sholat Tarawih 2

Tidak mengapa dia sholat bersama para jama’ah namun dengan niat sholat ‘Isya berdasarkan pendapat paling kuat. Jika imam selesai salam maka dia berdiri dan menyempurnakan kekurangan sholatnya. Hal ini berdasarkan hadits yang terdapat dalam shohihain dari Mu’adz bin Jabal Rodhiyallahu ‘anhu sesungguhnya dia pernah sholat ‘Isya bersama Nabi Shollallahu ‘alaihi wa Sallam kemudian dia kembali ke kampungnya. Kemudian dia sholat bersama kaumnya (pada keadaan kaumnya niat sholat ‘Isya dan dia sholat sunnah -pen). Dan dalam kitab Shohih dari Nabi Shollallahu ‘alaihi wa Sallam beliau pernah sholat khouf pada dua roka’at pertama dengan satu kelompok kemudian beliau sholat dua roka’at berikutnya bersama kelompok lainnya. Beliau sholat dengan kelompok pertama dengan status sholat wajib dan yang kedua dengan status nafilah/sunnah sedangkan mereka berniat sholat wajib. Wallahu waliyyut taufik”.

*  *  *

Syaikh Ibnu Baaz.

19 Jumadil Akhir 1437 H, 28 Maret 2016 M

Aditya Budiman bin Usman bin Zubir

[1] Lihat Fatawa Islamiyah hal. 273-274/I Terbitan Darul Wathon, Riyadh, KSA.

 

 

 

 

 

Tulisan Terkait

Leave a Reply