Mengakui Kesalahan Itu Sesuatu Yang Sulit

12 Dec

Share

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Mengakui Kesalahan Itu Sesuatu Yang Sulit

 

Alhamdulillah wa sholatu wa salamu ‘alaa Rosulillah wa ‘alaa ashabihi wa maawalaah.

Dimasa kecil, pernahkah anda disalahkan kedua orang tua anda karena melakukan sesuautu ? Pernahkah anda disalahkan guru anda ketika mengenyam pendidikan di sekolah ? Pernahkah anda menyalahkan anak anda ketika anda menilai dia berbuat salah ? Atau pernahkah anda menyalahkan perbuatan teman anda ? Pernahkah anda menyalahkan anak murid anda ? Kebanyakan kita tentu menjawab pernah. Namun apakah semua itu anda lakukan karena anda tidak suka dengan personalnya ? Insya Allah tidak, namun boleh jadi sebagian orang iya. Tahukah anda ini merupakan salah satu bagian dari agama yaitu menasehati dan amar ma’ruf nahi munkar.

Kita bukan sedang akan membahas adab adab menasihati, mengkritik atau amar ma’ruf nahi munkar. Namun yang kita bahas, adalah mengakui kesalahan di masa lalu menunjukkan jiwa dan kekuatan iman yang luar biasa besar.

Imam Muslim bin Hajjaj Rohimahullah meriwayatkan dalam Shohih Muslim,

جَاءَ مَاعِزُ بْنُ مَالِكٍ إِلَى النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ طَهِّرْنِى. فَقَالَ « وَيْحَكَ ارْجِعْ فَاسْتَغْفِرِ اللَّهَ وَتُبْ إِلَيْهِ ». قَالَ فَرَجَعَ غَيْرَ بَعِيدٍ ثُمَّ جَاءَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ طَهِّرْنِى. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « وَيْحَكَ ارْجِعْ فَاسْتَغْفِرِ اللَّهَ وَتُبْ إِلَيْهِ ». قَالَ فَرَجَعَ غَيْرَ بَعِيدٍ ثُمَّ جَاءَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ طَهِّرْنِى. فَقَالَ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- مِثْلَ ذَلِكَ حَتَّى إِذَا كَانَتِ الرَّابِعَةُ قَالَ لَهُ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « فِيمَ أُطَهِّرُكَ ». فَقَالَ مِنَ الزِّنَى. فَسَأَلَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « أَبِهِ جُنُونٌ ». فَأُخْبِرَ أَنَّهُ لَيْسَ بِمَجْنُونٍ. فَقَالَ « أَشَرِبَ خَمْرًا ». فَقَامَ رَجُلٌ فَاسْتَنْكَهَهُ فَلَمْ يَجِدْ مِنْهُ رِيحَ خَمْرٍ. قَالَ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « أَزَنَيْتَ ». فَقَالَ نَعَمْ. فَأَمَرَ بِهِ فَرُجِمَ فَكَانَ النَّاسُ فِيهِ فِرْقَتَيْنِ قَائِلٌ يَقُولُ لَقَدْ هَلَكَ لَقَدْ أَحَاطَتْ بِهِ خَطِيئَتُهُ وَقَائِلٌ يَقُولُ مَا تَوْبَةٌ أَفْضَلَ مِنْ تَوْبَةِ مَاعِزٍ أَنَّهُ جَاءَ إِلَى النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- فَوَضَعَ يَدَهُ فِى يَدِهِ ثُمَّ قَالَ اقْتُلْنِى بِالْحِجَارَةِ – قَالَ – فَلَبِثُوا بِذَلِكَ يَوْمَيْنِ أَوْ ثَلاَثَةً ثُمَّ جَاءَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- وَهُمْ جُلُوسٌ فَسَلَّمَ ثُمَّ جَلَسَ فَقَالَ « اسْتَغْفِرُوا لِمَاعِزِ بْنِ مَالِكٍ ». قَالَ فَقَالُوا غَفَرَ اللَّهُ لِمَاعِزِ بْنِ مَالِكٍ. – قَالَ – فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « لَقَدْ تَابَ تَوْبَةً لَوْ قُسِمَتْ بَيْنَ أُمَّةٍ لَوَسِعَتْهُمْ ». قَالَ ثُمَّ جَاءَتْهُ امْرَأَةٌ مِنْ غَامِدٍ مِنَ الأَزْدِ فَقَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ طَهِّرْنِى. فَقَالَ « وَيْحَكِ ارْجِعِى فَاسْتَغْفِرِى اللَّهَ وَتُوبِى إِلَيْهِ ». فَقَالَتْ أَرَاكَ تُرِيدُ أَنْ تُرَدِّدَنِى كَمَا رَدَّدْتَ مَاعِزَ بْنَ مَالِكٍ. قَالَ « وَمَا ذَاكِ ». قَالَتْ إِنَّهَا حُبْلَى مِنَ الزِّنَا. فَقَالَ « آنْتِ ». قَالَتْ نَعَمْ. فَقَالَ لَهَا « حَتَّى تَضَعِى مَا فِى بَطْنِكِ ». قَالَ فَكَفَلَهَا رَجُلٌ مِنَ الأَنْصَارِ حَتَّى وَضَعَتْ قَالَ فَأَتَى النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- فَقَالَ قَدْ وَضَعَتِ الْغَامِدِيَّةُ. فَقَالَ « إِذًا لاَ نَرْجُمَهَا وَنَدَعَ وَلَدَهَا صَغِيرًا لَيْسَ لَهُ مَنْ يُرْضِعُهُ ». فَقَامَ رَجُلٌ مِنَ الأَنْصَارِ فَقَالَ إِلَىَّ رَضَاعُهُ يَا نَبِىَّ اللَّهِ. قَالَ فَرَجَمَهَا.

 “Ma’iz bin Malik datang menemui Nabi Shollallahu ‘alaihi wa Sallam, dia berkata, “Wahai Rosulullah sucikanlah aku”. Lalu Rosulullah Shollallahu ‘alaihi wa Sallam berkata, “Celaka engkau, kembalilah mohonlah ampunan kepada Allah dan bertaubatlah kepada Nya”. Dia kemudian kembali lagi dalam selang waktu yang tidak lama. Kemudian dia menemui Nabi Shollallahu ‘alaihi wa Sallam dan berucap, “Wahai Rosulullah sucikanlah aku”. Lalu Rosulullah Shollallahu ‘alaihi wa Sallam berkata, “Celaka engkau[1], kembalilah mohonlah ampunan kepada Allah dan bertaubatlah kepada Nya”. Dia kemudian kembali lagi dalam selang waktu yang tidak lama. Kemudian dia menemui Nabi Shollallahu ‘alaihi wa Sallam dan berucap, “Wahai Rosulullah sucikanlah aku”. Nabi Shollallahu ‘alaihi wa Sallam terus menerus mengucapkan yang demikian hingga ketika yang keempat kalinya Rosulullah Shollallahu ‘alaihi wa Sallam berkata kepadanya, “Sebab perkara apa aku menyucikan dirimu ?” Dia mengatakan, “Dari perbuatan zina”. Rosulullah Shollallahu ‘alaihi wa Sallam berucap, “Apakah dia sedikit gila ?” Lalu ada yang memberikatahukan bahwa dia tidak gila. Lalu Rosulullah Shollallahu ‘alaihi wa Sallam bertanya kepadanya, “Apakah engkau minum khomr ?” Lalu ada seseorang yang berdiri dan mencium bau mulutnya namun tidak menemukan adanya aroma khomr. Rosulullah Shollallahu ‘alaihi wa Sallam pun berkata, “Apakah engkau (benar –pen) telah berzina ?” Dia menjawab, “Iya”. Lalu beliau memerintahkan untuk merajamnya. Ketika itu manusia (para shahabat -pen) menjadi dua pendapat. Sebagian ada yang pendapat sungguh dia telah membinasakan dirinya namun dia telah menghapus dosanya dengan itu (dirajam –pen). Sebagian lain berpendapat tidak ada taubat yang lebih utama dibandingkan taubatnya Ma’iz. Sesungguhnya dia telah mendatangi Nabi Shollallahu ‘alaihi wa Sallam lalu meletakkan tangannya di atas tangan beliau. Kemudian dia berkata, “Bunuhlah aku dengan bebatuan (rajam –pen)”. Mereka senantiasa dalam keadaan demikian selama dua atau tiga hati. Lalu Rosulullah Shollallahu ‘alaihi wa Sallam datang sedangkan mereka ketika itu duduk. Kemudian Beliau Shollallahu ‘alaihi wa Sallam mengucapkan kepada mereka salam lalu duduk. Beliau pun bersabda, “Mohonkan kalian lah ampunan untuk Ma’iz bin Malik”. Mereka pun mengatakan, “Semoga Allah mengampuni Ma’iz bin Malik”. Rosulullah Shollallahu ‘alaihi wa Sallam bertutur, “Sungguh dia (Ma’iz) telah bertaubat dengan sebuah taubat yang sekiranya dibagikan diantara ummat/kaum tentu sudah mencukupi untuk mereka”. Perowi hadits mengatakan, “Kemudian seorang wanita dari Suku Ghomid Kabilah Al Azdi datang. Dia mengatakan, “Wahai Rosulullah, sucikanlah aku”. Beliau Shollallahu ‘alaihi wa Sallam berkata, “Celakalah engkau, kembalilah mintalah ampunan kepada Allah dan bertaubat lah kepada Nya. Dia mengakatan, “Aku lihat engkau menolakku sebagaimana engkau menolak Ma’iz bin Malik”. Beliau Shollallahu ‘alaihi wa Sallam mengatakan, “Engkau ini kenapa ?” Dia berkata, “Sesungguhnya aku hamil dari hasil zina”. Beliau lalu bertanya, “Apakah engkau benar-benar ?” Dia menjawab, “Betul”. Lalu beliau Shollallahu ‘alaihi wa Sallam berkata kepadanya, “Hingga engkau melahirkan bayi yang ada di perutmu”. Salah seorang Anshor pun menyanggupi bebanya hingga dia melahirkan bayinya. Lalu dia kembali mendatangi Nabi Shollallahu ‘alaihi wa Sallam dan berkata, “Aku telah melahirkan Al Ghomidiyah”. Lalu beliau berkata, “Kalau demikian kami tidak akan merajammu”. Beliau menolaknya bayi yang masih kecil tersebut tidak akan ada yang menyusukannya. Lalu seorang laki-laki Anshor berdiri dan mengatakan, “Susuan bayinya menjadi tanggung jawabku wahai Nabi Allah”. Lalu beliau pun merajamnya[2].

Dalam riwayat lain disebutkan,

فَلَمَّا وَلَدَتْ أَتَتْهُ بِالصَّبِىِّ فِى خِرْقَةٍ قَالَتْ هَذَا قَدْ وَلَدْتُهُ. قَالَ « اذْهَبِى فَأَرْضِعِيهِ حَتَّى تَفْطِمِيهِ ». فَلَمَّا فَطَمَتْهُ أَتَتْهُ بِالصَّبِىِّ فِى يَدِهِ كِسْرَةُ خُبْزٍ فَقَالَتْ هَذَا يَا نَبِىَّ اللَّهِ قَدْ فَطَمْتُهُ وَقَدْ أَكَلَ الطَّعَامَ. فَدَفَعَ الصَّبِىَّ إِلَى رَجُلٍ مِنَ الْمُسْلِمِينَ ثُمَّ أَمَرَ بِهَا فَحُفِرَ لَهَا إِلَى صَدْرِهَا وَأَمَرَ النَّاسَ فَرَجَمُوهَا فَيُقْبِلُ خَالِدُ بْنُ الْوَلِيدِ بِحَجَرٍ فَرَمَى رَأْسَهَا فَتَنَضَّحَ الدَّمُ عَلَى وَجْهِ خَالِدٍ فَسَبَّهَا فَسَمِعَ نَبِىُّ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- سَبَّهُ إِيَّاهَا فَقَالَ « مَهْلاً يَا خَالِدُ فَوَالَّذِى نَفْسِى بِيَدِهِ لَقَدْ تَابَتْ تَوْبَةً لَوْ تَابَهَا صَاحِبُ مَكْسٍ لَغُفِرَ لَهُ ». ثُمَّ أَمَرَ بِهَا فَصَلَّى عَلَيْهَا وَدُفِنَتْ.

Ketika dia telah melahirkan dia pun datang membawa anak kecil  yang digendong dengan potongan kain. Beliau Shollallahu ‘alaihi wa Sallam bertutur, “Pergilah engkau, susukanlah dia sampai sempurna sapihannya”. Lalu ketika dia telah menyapihnya dia pun datang lagi membawa anak kecil yang di tangannya ada potongan roti. Dia berkata, “Wahai Nabi Allah, sungguh aku telah menyapihnya dan dia sudah bisa makan makanan (selain ASI –pen). Lalu beliau memberikan anak kecil tersebut kepada salah seorang laki-laki dari kalangan kaum muslimin. Lalu beliau memerintahkan agar dia dibuatkan galian hingga sedalam dadanya. Lalu beliau memerintahkan para shahabat untuk merajamnya. Kholid ikut merajamnya dengan melemparkan batu di bagian kepalanya. Sehingga percikan darahnya mengenai wajah Kholid. Kholid pun mencaci makinya. Lalu Nabi Allah Shollallahu ‘alaihi wa Sallam mendengar caci makian kepada perempuan itu. Beliau pun bersabda, “Tenangkan dirimu wahai Kholid, Demi Dzat yang jiwaku berada di Tangan Nya, sungguh dia telah bertaubat dengan taubat yang sekiranya pelaku dosa besar bertaubat demikian maka akan diampuni dosanya”. Lalu Beliau Shollallahu ‘alaihi wa Sallam memerintahkan dengannya (persiapan sholat jenazah). Beliau pun mensholatinya lalu dia pun dikuburkan[3].

Pada hadits ini sepertinya ada pertentangan makna, apakah Wanita dari Suku Ghomidiyah ini dirajam setelah melahirkan atau setelah selesai menyapih bayinya. Imam Nawawi Rohimahullah mengatakan, “Wajib menafsirkan hadits yang pertama dengan hadits yang kedua”.  Sehingga urutan waktunya adalah sebagaimana hadits kedua yaitu wanita tersebut dirajam setelah selesai menyapih anaknya.

Sebagian faidah dari hadits ini terkait dengan judul kita :

Mengakui kesalahan sebagai kesalahan tentulah dibutuhkan keimanan, kejujuran dan kebesaran hati yang luar biasa. Apalagi di hadapan orang ramai. Terkait dengan kesalahan kita yang sudah tersebar di dunia maya, tentu pengakuan akan kesalahan ini jauh lebih ringan dibandingkan apa yang dihadapi oleh kedua shahabat Nabi Shollallahu ‘alaihi wa Sallam ini. Jika keadaannya demikian rasa malu yang dirasakan pun demikian luar biasa  . Terlebih lagi konsekwensi yang harus ditanggungnya yaitu rajam. Konsekwensi ini tidak akan sebanding jika kesalahan kita hanya tersebar lewat dunia maya, paling-paling tidak banyak follower lagi atau tidak diundang kesana kemari lagi. Atau paling banter orang tidak mau mengambil ilmu lagi dari kita. Jikalau dibandingkan konsekwensi yang diterima kedua shahabat ini tentulah tidak ada apa-apanya. Mari kita renungkan kembali, konsekwensi malu, kehilangan follower yang ada di dunia ini tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan apa yang akan kita terima di akhirat. Allahu a’lam

Mudah-mudahan Allah Tabaroka wa Ta’ala memberikan hidayahnya kepada kita dan senantiasa meneguhkan langkah kita di atas Sunnah Nabi Shollallahu ‘alaihi wa Sallam sebagaimana yang dipahami para shahabat Rodhiyallahu ‘anhum.

#koreksibuatsayadanantumsemua

 

Setelah Subuh 24 Robi’ul Awwal 1439 H |  12 Desember 2017 M

Aditya Budiman bin Usman bin Zubir

[1] Kalimat yang bermakna kasih sayang beliau Shollallahu ‘alaihi wa Sallam (Al Minhaj hal. 199/VI). Bukan dalam rangka menghardik

[2] HR. Muslim no. 1695.

[3] HR. Muslim no. 1695.

Tulisan Terkait

Leave a Reply