Membaca Ayat Sajadah Ketika Mengajar

11 Aug

Share

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Membaca Ayat Sajadah Ketika Mengajar

Alhamdulillah wa sholatu wa salamu ‘alaa Rosulillah wa ‘alaa ashabihi wa maa walaah.

Anda membaca ayat sajadah ketika anda tidak sedang sholat atau bahkan di suatu tempat misalnya perpustakaan pribadi anda. Apakah anda tetap disunnahkan sujud tilawah ? Bagaimana jika anda sedang mengajar lantas melalui (membaca) ayat sajadah ? Apakah murid anda juga disyari’atkan sujud tilawah ?

Simak jawaban ringkas berikut[1].

Pertanyaan

Membaca Ayat Sajadah Ketika Mengajar 1

“Jika aku melalui (membaca) ayat sajadah ketika membaca Al Qur’an di perpustakaanku atau ketika aku sedang mengajari murid-murid atau di tempat manapun itu, apakah aku disyari’atkan sujud tilawah atau tidak ? Apakah yang sujud orang yang membaca dan yang mendengar ?”

 

Jawaban :

Membaca Ayat Sajadah Ketika Mengajar 2

Sujud tilawah disunnahkan bagi orang yang membaca maupun yang mendengarkan dan hukumnya tidak sampai wajib. Orang yang mendengarkan tidak disyari’atkan sujud tilawah kecuali apabila orang yang membaca sujud. Jika orang yang membaca sujud maka orang yang mendengarkan pun ikut sujud. Jika anda membaca ayat sajadah di perpustakaan anda atau ketika sedang mengajar maka anda dan murid anda tetap disyari’atkan sujud tilawah bersama-sama dengan anda. Karena mereka mendengarkan. Namun jika anda tidak sujud tilawah pun tidak mengapa hukumnya”.

 

* * *

Syaikh Ibnu Baaz.

 

 

Diterjemahkan setelah subuh

20 Syawal 1437 H, 25 Juli 2016 M | Aditya Budiman bin Usman bin Zubir

[1] Lihat Fatawa Islamiyah hal. 329-330/I Terbitan Darul Wathon, Riyadh, KSA.

 

 

Tulisan Terkait

Leave a Reply