Melirik Yang Boleh dan Dilarang Dalam Sholat

14 May

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Melirik Yang Boleh dan Dilarang Dalam Sholat

Segala puji hanya kembali dan milik Allah Tabaroka wa Ta’ala, hidup kita, mati kita hanya untuk menghambakan diri kita kepada Dzat yang tidak membutuhkan sesuatu apapun dari hambanya. Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah, Muhammad bin Abdillah Shollallahu ‘alaihi wa Sallam, beserta keluarga dan para sahabat beliau radhiyallahu ‘anhum.

Berkaitan dengan judul di atas Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Rohimahullah mengatakan,

أما الالتفات لغير حاجة فهو ينقص الخشوع ولا ينافيه فلهذا كان ينقص الصلاة كما روى البخاري وأبو داود والنسائي

عن عائشة رضى الله عنها قالت سألت رسول الله صلى الله عليه وسلم عن التفات الرجل في الصلاة فقال هو اختلاس يختلسه الشيطان من صلاة العبد

“Adapun melirik (ketika sholat) tanpa adanya hajat/keperluan mendesak maka hal itu akan mengurangi kekhusyukan namun tidak sampai meniadakan kekhusyukan dari diri seseorang. Hal ini sebagaimana yang diriwayatkan oleh Al Bukhori, Abu Dawud dan An Nasa’i Rohimahumullah dari ‘Ummul Mu’minin ‘Aisyah Rodhiyallahu ‘anha, Beliau mengatakan,

‘Aku bertanya kepada Rosulullah Shollallahu ‘alaihi wa Sallam tentang seseorang yang melirik dalam sholatnya ?’ Beliau Shollallahu ‘alaihi wa Sallam menjawab,

Itu adalah sebuah tipuan/copetan. Syaihton telah menipu/copet seorang hamba[1].

 

Kemudian beliau melanjutkan,

وروى أبو داود والنسائي عن أبي الأحوص عن أبى ذر رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:

“لا يزال الله مقبلا على العبد وهو في صلاته ما لم يلتفت فإذا التفت انصرف عنه”

 وأما لحاجة فلا بأس به كما روى أبو داود عن سهل بن الحنظلية قال ثُوِّب بالصلاة يعني صلاة الصبح فجعل رسول الله صلى الله عليه وسلم يصلي وهو يلتفت إلى الشعب

قال أبو داود وكان أرسل فارسا إلى الشعب من الليل يحرس

Abu Dawud dan An Nasa’i meriwayatkan dari Abul Ahwash dari Abu Dzar Rodhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan, ‘Rosulullah Shollallahu ‘alaihi wa Sallam mengatakan’,

“Allah akan senantiasa menghadap ke arah seorang hamba yang sedang sholat selama dia tidak melirik. Jika ia melirik maka Allah akan berpaling darinya”[2].

Adapun jika hal itu karena adanya hajat/keperluan mendesak maka tidak mengapa melakukannya. Hal ini sebagaimana yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dari Sahl bin Al Handzoliyah, dia mengatakan,

‘Mu’adzin mengucapkan ‘Ash Sholatu Khoiru Min An Naum’ –yaitu ketika sholat subuh. Kemudian Nabi Shollallahu ‘alaihi wa Sallam melakukan sholat dan ketika itu dia melirik celah diantara bukit’[3]. Abu Dawud mengatakan, ‘Beliau Shollallahu ‘alaihi wa Sallam terbiasa mengutus kuda pada malam hari ke celah diantara bukit untuk berjaga-jaga’.

Dalil lainnya adalah sebagaimana yang diriwayatkan oleh Muslim,

صلينا مع رسول الله صلى الله عليه وسلم وكنا إذا سلمنا قلنا بأيدينا السلام عليكم فنظر إلينا رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال ما شأنكم تشيرون بأيديكم كأنها أذناب خيل شمس إذا سلم أحدكم فليلتفت إلى صاحبه ولا يؤمى بيده

“Kami sedang sholat bersama Rosulullah Shollallahu ‘alaihi wa Sallam, kebiasaan kami jika hendak salam kami mengatakan dengan isyarat tangan kami ‘Assalamu’alaikum’. Kemudian Rosulullah Shollallahu ‘alaihi wa Sallam melihat/lirik ke arah kami, lalu berkata, “Mengapa kalian melakukan hal itu dengan tangan kalian seperti menangkap kalung ekor kuda. Jika salah seorang dari kalian hendak melakukan salam (dalam sholat) hendaklah ia melirik ke sebelahnya dan jangan mengikuti hal itu dengan menggerakkan tangan”[4].

 

[Diringkas dari Kitab Qowaa’id An Nuroniyah oleh Ibnu Taimiyah hal. 86-88 terbitan Dari Ibnul Jauzy, KSA]

 

Mudah-mudahan tulisan ringkas ini bisa membantu kita memahami masalah ini.

Setelah Isya’,

3 Rojab 1434 H/ 13 Mei 2013 M

 

Aditya Budiman bin Usman

-yang mengharap ampunan Robbnya-



[1] HR. Bukhori no. 750, Abu Dawud no. No. 913 dan An Nasa’i no. 7/III.

[2] HR. Abu Dawud no. 909, An Nasa’i no. 8/III dan Al Hakim no. 236/I serta Al Baihaqi no. 282/II.

[3] HR. Abu Dawud no. 916, Ath Thobroni no. 96/VI dan Al Baihaqi no. 348/II.

[4] HR. Muslim no. 431.

 

Tulisan Terkait

Leave a Reply