Masih Males Sholat Jama’ah

14 Feb

Share

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Masih Males Sholat Jama’ah

Alhamdulillah wa sholatu wa salamu ‘alaa Rosulillah wa ‘alaa ashabihi wa maa walaah.

Langsung saja… apapun pendapat yang anda pilih tentang hukum sholat berjama’ah di mesjid mari simak sebuah kisah berikut ini.

Ibnu Hajar Al Asqolani Rohimahullah seorang ulama besar dalam mazhab syafi’i mencantumkan dalam kitabnya yang fenomenal Fathul Bari.

Masih Males Sholat Jama’ah 1

‘Dari Al Hasan (mungkin Al Hasan Al Bashri Rohimahullah) tentang kisah seorang laki-laki yang sedang berpuasa sunnah lantas ibunya memerintahkannya untuk berbuka saja (tidak usah melanjutkan puasa sunnahnya). Lantas beliau (Al Hasan) menjawab, “Hendaklah dia berbuka dan tidak ada kewajiban qodho atasnya. Dia berhak mendapatkan pahala puasa dan berbakti kepada orang tua”. Lantas ada yang bertanya lagi, ‘Bagaimana kalau sang ibu melarang anaknya untuk sholat isya berjama’ah (di mesjid-pen) ?’ Lantas beliau menjawab, “Ini bukan termasuk bentuk keta’atan kepadanya. Karena ini hukumnya wajib”.

 

Maka apakah ibu kita melarang kita untuk sholat berjama’ah di mesjid ?! Atau apakah kita sedang sakit ?! Atau apakah kita sedang safar ?! Ataukah sedang hujan deras ?! Atau ad udzur syar’i lainnnya ?! Jika tidak maka mari ke mesjid sholat berma’ah……..

 

Setelah Isya, 2 Jumadil Awwal 1437 H, 11 Pebruari 2016 M

Aditya Budiman bin Usman bin Zubir

 

Tulisan Terkait

Leave a Reply