Kafaroh Onani Siang Hari di Bulan Romadhon ?

10 Jun

Share

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Kafaroh Onani Siang Hari di Bulan Romadhon ?

Alhamdulillah wa sholatu wa salamu ‘alaa Rosulillah wa ‘alaa ashabihi wa maa walaah.

Onani merupakan sebuah tindakan merangsang kemaluan yang berujung pada keluarnya air mani. Jika seseorang melakukannya pada siang hari di Bulan Romadhon dalam keadaan dia tahu bahwa hal itu tidak boleh dilakukan alias haram. Maka apakah ada kafarohnya ?

Temukan jawabannya dalam soal jawab berikut[1].

Pertanyaan

Kafaroh Onani Siang Hari di Bulan Romadhon 1

Aku bertanya tentang kafaroh onani di siang hari di Bulan Romadhon. Aku mengetahui bahwa hal tersebut tidak boleh (haram). Apakah ada kafarohnya ? Jika ada kafarohnya maka aku berharap penjelasan rincinya. Barakallah fikum.

Jawaban :

Kafaroh Onani Siang Hari di Bulan Romadhon 2

“Sesungguhnya onani tidak boleh (haram hukumnya) di Bulan Romadhon dan selainnya. Onani merupakan perbuatan yang teranggap sebagai dosa dan perbuatan melampaui batas yang memiliki konsekwensi dosa jika Allah tidak mengampuni hamba tersebut. Kafarohnya adalah taubat yang jujur dan menggantinya dengan melaksanakan perbuatan kebaikan yang dapat menghapus keburukan. Berhubung perbuatan tersebut dilakukan di Bulan Romadhon maka dosanya lebih besar (dibandingkan pada bulan selainnya –pen). Dibutuhkan taubat nasuha, beramal sholeh, memperbanyak melakukan perbuatan yang mendekatkan diri kepada Allah, melaksanakan keta’atan dan memagar jiwa dari syahwat yang diharamkan serta harus mengganti puasa yang batal pada hari tersebut disebabkan onani. Allah Maha Menerima Taubat dari hamba-hamban Nya dan Memaafkan berbabai kesalahan. Allahu a’lam”.

 

* * *

Syaikh Ibnu Jibrin.

 

selesai diterjemahkan, setelah subuh 10 Sya’ban 1437 H, 17 Mei 2016 M

Aditya Budiman bin Usman bin Zubir

[1] Lihat Fatawa Islamiyah hal. 125/II Terbitan Darul Wathon, Riyadh, KSA.

 

Tulisan Terkait

2 Comments ( ikut berdiskusi? )

  1. putra
    Jul 02, 2016 @ 20:02:38

    Assalamu alaikum wr.wb…sya mw nanya nih…soalnya sya prnah baca artikel…yng mngatakan klw onani itu tdk haram…jdi sya bingung…apakah onani haram atw tdak d dlam islam…????

    Reply

Leave a Reply