Cara Menghilangkan Dendam/Dengki

9 Oct

Share

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Cara Menghilangkan Dendam/Dengki

Alhamdulillah wa sholatu wa salamu ‘alaa Rosulillah wa ‘alaa ashabihi wa maa walaah.

Banyak diantara kita yang terjangkiti penyakit dendam dan dengki. Dari sekian banyak yang terjangkiti tak sedikit juga dari kita yang tanpa disadari membiarkan penyakit ini menggerogotinya, bahkan memeliharanya.

Berikut ada terapi agar penyakit ini tidak menggerogoti kita bagai benalu dan membunuh kita karena dipelihara terus.

Nabi Shollallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda,

تَصَافَحُوْا يَذْهَبُ الغِلُّ ، وتَهَادَوْا تَحَابُّوا ، وَتَذْهَبُ الشَحْنَاءُ

Saling bersalamanlah (berjabat tanganlah) kalian (maka) akan hilanglah kedengkian/dendam. Saling memberi hadiahlah kalian maka kalian akan saling mencintai dan akan hilang permusuhan”[1].

Pada hadits ini terdapat tips dan terapi menghilangkan rasa dendam, dengki dan permusuhan. Bersalaman (berjabat tangan) dengan orang yang kita dengki dan dendam kepadanya dapat menghilangkan perasaan tersebut. Demikian jugalah memberi hadiah maka akan menumbuhkan cinta kepada orang yang kita harapkan cintanya.

Demi Allah ini merupakan cara yang sangat mujarab terlebih lagi jika kita merupakan orang yang memulainya. Cara ini juga sangat efektif di dunia dakwah, Allahu a’lam.

 

Menjelang Subuh, 16 Dzul Hijjah 1436 H bertepatan dengan 30 September 2015

Aditya Budiman bin Usman.

[1] HR. Imam Malik dalam Al Muwatho’ no. 1413. Al Albani Rohimahullah mengatakan sanadnya mursal. Namun Ibnu ‘Abdil Barr Rohimahullah mengataka, ‘Hadits ini bersambung (sanadnya dari banyak jalur yang bagus semuanya’ ( At Tamhid 12/XXI.

 

Tulisan Terkait

Leave a Reply