Bolehkah Bertasbih dengan Kedua Tangan ?

26 May

Share

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Bolehkah Bertasbih dengan Kedua Tangan ?

  Alhamdulillah wa sholatu wa salamu ‘alaa Rosulillah wa ‘alaa ashabihi wa maa walaah. Selesai sholat fardhu kita dianjurkan untuk berdzikir. Diantara dzikir adalah mengucapkan ucapan tasbih yaitu subhanallah (tentang macam-macam bacaan tasbih Nabi Shollallahu ‘alaihi wa Sallam silakan klilk di sini). Lantas bolehkah menghitung bacaan dzikir dengan menggunakan tangan kanan dan kiri ?

Temukan jawaban ringkasnya pada tanya jawab berikut[1].

Pertanyaan Bolehkah Bertasbih dengan Kedua Tangan 1

“Kami sholat bersama imam (sebagai imam –pen). Setelah sholat selesai (salam -pen). Kemudian dia bertasbih dengan menggunakan tangan kanan saja. Lantas sebagian jama’ah pun merasa aneh dan menanyakannya kepada pemuda tersebut. Pemuda itu menjawab, “Inilah yang sesuai sunnah”. Aku memohon kepada anda untuk memberikan penjelasan apakah hal tersebut benar ?”

  Jawaban : Bolehkah Bertasbih dengan Kedua Tangan 2Apa yang dilakukan oleh imam (sang pemuda –pen) benar adanya. Hal tersebut telah valid dari Nabi Shollallahu ‘alaihi wa Sallam. Sesungguhnya merupakan kebiasaan beliau Shollallahu ‘alaihi wa Sallam duduk sambil bertasbih dengan menggunakan tangan kanannya. Adapun orang yang bertasbih dengan menggunakan kedua tangannya maka tidak mengapa (boleh) berdasarkan kemutlakan hadits tentang masalah ini secara umum. Namun demikian bertasbih dengan menggunakan tangan kanan tentu lebih utama sebagai bentuk pengamalan terhadap sunnah yang valid dari Nabi Shollallahu ‘alaihi wa Sallam. Allahu Waliyut Taufiq”.

* * *

Syaikh Ibnu Baaz.

Selesai diterjemahkan, 17 Sya’ban 1437 H, 24 Mei 2016 M

Aditya Budiman bin Usman bin Zubir

[1] Lihat Fatawa Islamiyah hal. 320/I Terbitan Darul Wathon, Riyadh, KSA.

Tulisan Terkait

Leave a Reply