Siapa Itu Ahlu Sunnah Wal Jama’ah

29 Jul

Share

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Siapa Itu Ahlu Sunnah Wal Jama’ah

Alhamdulillah wa sholatu wa salamu ‘alaa Rosulillah wa ‘alaa ashabihi wa maa walaah.

Sering kita mendengar istilah Ahlu Sunnah wal Jama’ah. Banyak orang mengklaim dirinya, kelompoknya adalah Ahlu Sunnah wal Jama’ah. Namun siapa itu Ahlu Sunnah wal Jama’ah ? Mari simak tanya jawab ringkas berikut.

Pertanyaan

Siapa Itu Ahlu Sunnah Wal Jama’ah 1

Fadhilatusy Syaikh (Muhammad bin Sholeh Al ‘Utsaimin Rohimahullah pernah ditanya, “Semoga Allah meninggikan derajat anda dikalangan orang-orang yang mendapat petunjuk. Siapakah Ahlu Sunnah wal Jama’ah itu ?”

Jawaban

Siapa Itu Ahlu Sunnah Wal Jama’ah 2

“Beliau Rohimahullah menjawab :

Ahlu Sunnah wal Jama’ah mereka adalah orang-orang yang berpegang teguh dengan Sunnah, bersatu di atasnya dan tidak berpaling pada selainnya. Bukan hanya pada perkara ilmiyah aqidah namun juga pada perkara ilmiyah tentang ketentuan hukum-hukum. Itulah alasan mengapa mereka disebut sebagai Ahlu Sunnah karena mereka berpegang teguh dengannya. Mereka juga disebut Ahlu Jam’ah karena mereka bersatu di atasnya.

Siapa Itu Ahlu Sunnah Wal Jama’ah 3

“Jika anda lihat, renungkan kondisi ahlu bid’ah maka anda akan dapati mereka berselisih dalam perkara manhajiyah aqidah atau amaliyah. Ini merupakan salah satu indikator yang menunjukkan bahwa sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang jauh dari sunnah sekadar apa yang mereka ada-adakan dari kebid’ahan”.

 

[Diterjemahkan dari Majmu’ Fatawa Muhammad bin Sholeh Al ‘Utsaimin Rohimahullah hal. 37/I terbitan, Darul Wathon, Riyadh, KSA]

 

Rantauprapat waktu Dhuha 12 Syawwal 1436 H / 28 Juli 2015 M.

Aditya Budiman bin Usman

 

Tulisan Terkait

Leave a Reply