Iman Yang Membantu Anda Sabar atas Gangguan Orang

7 Apr

Share

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Iman Yang Membantu Anda Sabar atas Gangguan Orang

Alhamdulillah wa sholatu wa salamu ‘alaa Rosulillah wa ‘alaa ashabihi wa maa walaah.

Tak ragu lagi sabar merupakan kedudukan mulia di dalam Islam. Buktinya adalah apa yang disebutkan Imam Ahmad Rohimahullah. Beliau Rohimahullah mengatakan,

ذكر الله الصبر في تسعين موضعا من القرآن أو بضعا وتسعين

“Allah ‘Azza wa Jalla menyebutkan sabar dalam Al Qur’an Al Karim lebih dari 90 tempat atau sekitar 90 an tempat”[1].

Diantaranya adalah firman Allah Ta’ala,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

“Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan Allah dengan sabar dan sholat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar”. (QS. Al Baqoroh [2] : 153).


Hal-hal yang Membantu Agar Sabar atas Gangguan Orang 1Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Rohimahullah mengatakan,

“Seorang hamba terbantu untuk bersabar pada beberapa perkara :

Pertama, hendaklah dia benar-benar mengetahui bahwasanya Allah lah yang menciptakan seluruh perbuatan para hamba, gerak-gerik mereka, diamnya mereka dan keinginan mereka. Apa yang Allah kehendaki pasti terlaksana dan yang tidak dia kehendaki tidak akan terlaksana. Tidak ada yang bergerak di alam semesta ini di langit dan di bumi walaupun sebesar biji sawi melainkan atas izin dan kehendak Allah Subhana wa Ta’ala. Maka perhatikanlah Dzat yang menggerakkan/mengendalikan mereka kepada anda dan jangan lihat apa yang mereka lakukan pada anda. Maka anda akan terbebaskan dari kesedihan dan kegundahan[2].

Syaikh Prof. DR. ‘Abdur Rozzaq bin ‘Abdul Muhsin Al Badr Hafizhahullah mengatakan,

Hal-hal yang Membantu Agar Sabar atas Gangguan Orang 2

Apabila anda ingat-ingat (pelajari), renungkan mendalam bahwa sesungguhnya tidaklah gerakan dan diamnya seorang hamba serta semua perkaranya melainkan dengan takdir dan ketentuan Allah Subhana wa Ta’ala. Sesungguhnya seluruh perbuatan, gerakan mereka telah Allah Subhana wa Ta’ala tentukan. Maka perhatikanlah perkara ini dari sisi pandang demikian. Sesungguhnya mereka yang Allah berikan kuasa untuk menimpakan gangguan ini kepada seorang hamba siapa yang menyebabkan perbuatan hamba tersebut ? Apakah sebabnya perbuatan seorang hamba ?”[3]

Jawabannya tentu saja Allah ‘Azza wa Jalla.

Beliau Hafizhahullah melanjutkan,

Hal-hal yang Membantu Agar Sabar atas Gangguan Orang 3

“Maka lihatlah bahwa sesungguhnya perbuatan mereka kepada anda hanyalah semata-mata dengan takdir Allah. Karena sesungguhnya seluruh perbuatan hamba merupakan ciptaan Allah Subhana wa Ta’ala. Sehingga inilah yang jadi sisi pandang anda. Lihatlah siapa yang menimpakan musibah, gangguan tersebut kepada anda. Jangan lihat apa yang mereka perbuat pada anda. Apabila anda telah mampu melihat yang menimpakan musibah itu kepada anda, berarti anda telah mampu menilai, melihat pada sebab-sebab yang ada pada diri anda[4].

Inilah pentingnya iman yang kokoh terhadap takdir Allah ‘Azza wa Jalla. Demikian pula iman yang benar tentang hamba dan seluruh perbuatannya terjadi, ada dan diatur oleh Allah Subhana wa Ta’ala.

 

Mudah-mudahan bermanfaat

Sambil Buat Susu Syifa, 26 Jumadil Akhir 1437 H, 4 April 2016 M

Aditya Budiman bin Usman bin Zubir

[1] Lihat Madarijus Salikin oleh Ibnul Qoyyim Rohimahullah hal. hal. 110/I terbitan Darul Kitab Al ‘Arobiy, Beirut

[2] Al Umur Al Mu’inah ‘ala Ash Shobri ‘ala Adzaa Al Kholq dengan ta’liq Syaikh ‘Abdur Rozzaq hal. 8 Terbitan Dar Al Ilmu Ash Shohih.

[3] idem hal. 9.

[4] idem.

 

 

Tulisan Terkait

Leave a Reply