Adzab Qubur Pada Ruh Atau Badan ?

12 Sep

Share

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Adzab Qubur Pada Ruh Atau Badan ?

Alhamdulillah wa sholatu wa salamu ‘alaa Rosulillah wa ‘alaa ashabihi wa maa walaah.

Masih seputar adzab qubur. Pernahkah anda bertanya dalam diri anda, ‘Apakah ruh atau badan yang diadzab di dalam qubur ?’ Jika anda belum menemukan jawabannya, mari simak soal jawab berikut.

Pertanyaan

Syaikh Muhammad bin Sholeh Al ‘Utsaimin Rohimahullah pernah ditanya,

Adzab Qubur Pada Ruh Atau Badan 1“Apakah adzab qubur berkaitan dengan badan/jasad atau ruh ?”

Jawaban

Beliau Rohimahullah menjawab,

Adzab Qubur Pada Ruh Atau Badan 2

Pada dasarnya hal tersebut terjadi pada ruh. Karena ketentuan setelah kematian berkaitan dengan ruh. Sedangkan badan/jasad adalah mayat/bangkai yang mati. Oleh karena itu badan/jasad tidak membutuhkan sesuatu lagi untuk mempertahankan kelangsungannya. Tidak lagi dibutuhkan makan dan minum bahkan boleh jadi jasad/badan dimakan singa. Sehingga pada dasarnya adzab qubur berkaitan dengan ruh.

Namun Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Rohimahullah berpendapat bahwa sesungguhnya badan dapat saja mendapatkan adzab atau nikmat qubur bersama dengan ruhnya. Sesungguhnya ahlu sunnah memiliki pendapat lain bahwa adzab atau nikmat qubur boleh jadi terjadi pada badan dan tidak pada ruh. Ulama yang berpendapat dengan ini beralasan bahwa terkadang dapat dilihat dengan indera pada qubur yang dibuka bekas-bekas adzab pada jasad. Ketika sebagian qubur dibuka terlihat bekas nikmat pada jasad”.

Adzab Qubur Pada Ruh Atau Badan 3

“Sebagian orang telah mengabarkan kepada saya bahwasanya mereka yang berada di Unaizah ini pernah menggali tanah untuk membuat pagar negara asing lantas kegiatan tersebut sampai ke sebuah qubur kemudian digalilah liang lahatnya maka didapati ada mayyit yang kafannya telah dimakan belatung sedangkan jasadnya masih utuh dan terlihat masih segar. Sedikitpun jasadnya tidak dimakan belatung. Hingga mereka berkata seolah-oleh mereka melihat jasad orang yang masih hidup. Pada jasadnya ada hena dan aromanya aroma yang wangi seperti kasturi. Lantas mereka bertanya kepada seorang syaikh kemudian beliau menjawab biarkan qubur orang itu, galilah arah kiri atau kanan quburnya”.

Adzab Qubur Pada Ruh Atau Badan 4

“Berdasarkan hal ini maka sebagian ulama berpendapat bahwa ruh dapat saja masih terhubungkan dengan badan, sehingga dapat merasakan adzan ini dan itu. Betapa banyak terdengar hal itu berdasarkan hadits yang Rosulullah Shollallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ القَبْرَ لَيَضَيَّقَ عَلَى الكَافِرِ حَتَّى تَخْتَلِفَ أَضْلَاعُهُ

“Sesungguhnya qubur akan disempitkan bagi orang yang kafir hingga tulang rusuknya tidak beraturan”[1].

Maka hal ini menunjukkan sesungguhnya adzab qubur dapat saja terjadi pada jasad tulang rusuk berada di tubuh. Allahu a’lam”.

[Majmu’ Fatawa Syaikh Muhammad bin Sholeh Al ‘Utsaimin Rohimahullah hal. 25-26/II Terbitan Darul Wathon Riyadh, KSA]

 

22 Dzul Qo’dah 1436 H / 6 September 2015 M

Aditya Budiman bin Usman

[1] Terdapat hadits yang semakna dengan ini dalam Musnad Imam Ahmad no. 12293 dinilai sesuai syarat Bukhori Muslim oleh Syaikh Syu’aib Al Arnauth Rohimahullah.

 

Tulisan Terkait

Leave a Reply