Renungan Buat Yang Masih Meninggalkan (Sebagian) Sholat

31 Dec

Share

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Renungan Buat Yang Masih Meninggalkan (Sebagian) Sholat

Alhamdulillah wa sholatu wa salamu ‘alaa Rosulillah wa ‘alaa ashabihi wa maa walaah.

Jika anda termasuk orang-orang yang masih meninggalkan (sebagian) sholat wajib maka mari duduk sebentar barang 5 atau 3 menit saja. Mari pasang mata hati anda. Kalimat berikut tidaklah panjang. Oke, langsung saja.

Dari Naufal bin Mu’awiyah Rodhiyallahu ‘anhu beliau mengatakan bahwasanya Nabi Shollallahu ‘alaihi wa Sallam pernah bersabda,

مَنْ فَاتَتْهُ الصَّلاَةُ فَكَأَنَّمَا وُتِرَ أَهْلَهُ وَمَالَهُ

“Barangsiapa yang masih tinggal (sebagian) sholatnya maka seakan-akan dia kehilangan keluarga dan harta bendanya”[1].

Bagaimana keadaan, kondisi anda wahai saudaraku ketika anda kehilangan anak yang paling anda bangga-banggakan, anak yang paling anda cintai ??! Bagaimana hancurnya perasaan anda ketika anda kehilangan istri tercinta anda ??!! Betapa sakitnya perasaan anda ketika anda harus kehilangan seluruh keluarga anda ??!! Bagaimana pula sedihnya anda ketika anda harus kehilangan seluruh keluarga anda sekaligus seluruh harta anda ??!!

Sungguh itu semua merupakan pukulan telak dan kesedihan yang berkepanjangan ketika anda harus, terpaksa kehilangan anak, istri, keluarga sekaligus harta anda. Bumi ini pun akan menjadi sempit ketika itu. Langit serasa runtuh. Bahkan mungkin anda merasa hendak mati saja.

Maka ketahuilah, sesungguhnya orang yang masih meninggalkan sholatnya telah merugi dengan kerugian yang demikian !! Bahkan mungkin lebih parah lagi karena siksa Allah Yang Maha Perkasa pun telah menanti di pelupuk mata..

Kukatakan itu semua balasan bagi orang yang masih meninggalkan sebagian sholat wajibnya. Lantas bagaimana dengan orang yang masih enggan sujud walaupun hanya sekali ?!???!!!!

Maka mungkin keadaan anda seperti orang yang akan mati, maut telah dipelupuk mata dan di hadapan anda malaikat mautpun telah siap mencabut paksa nyawa anda….

ditambah lagi siksa Allah ‘Azza wa Jalla nan kekal abadi pun telah menanti…..

Maka mari saudaraku….

Ayo kawanku…..

JANGAN PERNAH TINGGALKAN SHOLAT WAJIB ANDA SEKALIPUN, APAPUN KONDISI ANDA….

[Tulisan ini terinspirasi dari Kitab Ash Sholah, Wa Atsaruha fii Ziyadati Al Iman wa Tahdzibi An Nafs oleh Syaikh Husain Al ‘Uwaisyah hal. 81 cet. Maktabah Al Islamiyah, Mesir].

 

 

Setelah , 16 Robi’ul Awwal 1437 H, 28 Desember 2015 M

Aditya Budiman bin Usman bin Zubir

[1] HR. Ibnu Hibban no. 1468, beliau menshohihkannya. hadits ini juga dinilai shohih oleh Syaikh Al Albani dan Syu’aib Al Arnauth Rohimahumullah.

 

Tulisan Terkait

Leave a Reply