23 Oct
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
Sholat Sunnah Berjama’ah
Alhamdulillah wa Sholatu wa Salamu ‘alaa Rosulillah Shollallahu ‘alaihi wa Sallam.
Pernahkah anda bertanya atau berfikir judul di atas ? Atau pernahkah anda bertanya-tanya mengapa tidak ada yang mengerjakan sholat rowatib berjama’ah ?
Jika pernah maka mari simak paparan berikut.
Syaikh Muhammad bin Sholeh Al ‘Utsaimin Rohimahullah mengatakan[1],
“Bolehkah sholat nafilah/sunnah dikerjakan secara berjama’ah, atau kita katakan bahwa hal itu adalah bid’ah ?
Maka jawabannya adalah permasalahan ini harus dirinci. Diantara sholat nafilah/sunnah yang disyari’atkan berjama’ah adalah sholat istisqo’/ minta hujan, sholat kusyuf/gerhana[2], sholat malam/tarawih di Bulan Romadhon”.
“Sedangkan diantara sholat nafilah/sunnah yang tidak dianjurkan dikerjakan secara berjama’ah adalah sholat rowatib yang menyertai sholat-sholat wajib, sholat malam[3] pada selain bulan Romadhon. Namun sholat ini tidak mengapa dikerjakan secara berjam’ah kadang-kadang”.
“Dalilnya adalah sesungguhnya Rosulullah Shollallahu ‘alaihi wa Sallam terkadang sholat malam secara berjama’ah. Sebagaimana beliau Shollallahu ‘alaihi wa Sallam pernah sholat malam bersama Ibnu ‘Abbas[4], Hudzaifah bin Al Yaman[5] dan Ibnu Mas’ud Rodhiyallahu ‘anhum[6].
Terkadang beliau juga sholat (sunnah -ed) secara berjama’ah pada selain sholat malam. Sebagaimana beliau pernah sholat bersama Anas….. Ummu Sulaim dan beliau sempurnakan bersama Anas[7]. Sebagaimana pula pernah beliau sholat (sunnah) secara berjama’ah bersama ‘Itban bin Malik Rodhiyallahu ‘anhu di rumahnya. Ketika ‘Itban meminta Nabi Shollallahu ‘alaihi wa Sallam untuk datang menemuinya untuk sholat di sebuah tempat yang ‘Itban menjadikannya sebagai musholla (lapangan tempat sholat –ed). Lalu Nabi Shollallahu ‘alaihi wa Sallam pun mengerjakannya[8]”.
Setelah Zhuhur 26 Dzul Hijjah 1435 H/21 Oktober 2014 M.
Aditya Budiman bin Usman
[1] Lihat Syahrul Mumthi’ oleh Syaikh Muhammad bin Sholeh Al ‘Utsaimin Rohimahullah hal. 142-143/IV terbitan Dar Ibnul Jauziy, Riyadh,KSA.
[2] Jika kita berpendapat hukumnya sunnah.
[3] Misal tahajjud dan witir. Ed.
[4] HR. Bukhori dalam Kitab Adzan Bab Jika Seorang Laki-laki Berdiri di Sebelah Kiri Imam no. 698, Muslim dalam Kitab Sholat Mushafir Bab Do’a Dalam Sholat Malam no. 181 dan 763.
[5] HR. Ahmad 398/V, Abu Dawud no. 871.
[6] HR. Bukhori dalam Kitab Tahajjud Bab Lama Berdiri pada Sholat Malam no. 1135, Muslim dalam Kitab Sholat Mushafir Bab Dianjurkannya Memperpanjang Bacaan Pada Sholat Malam no. 204.
[7] HR. Bukhori dalam Kitab Sholat Bab Sholat di Atas Tikar no. 380, Muslim dalam Kitab Masajid Bab Bolehnya Sholat Nafilah Berjama’ah no. 266, 658.
[8] HR. Bukhori dalam Kitab Sholat Bab Jika Seseorang Memasuki Sebuah Rumah Sholat Dimanapun Dia Kehendaki atau Dimanapun Diperintahkan no. 424, Muslim dalam Kitab Masajid Bab Keringanan Tidak Ikut Jama’ah di Mesjid Karena Ada Udzur no. 33 dan 263.
Leave a Reply