Tawassul Dengan Dzat atau Dengan Kehormatan

17 Feb

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Tawassul Dengan Dzat atau Dengan Kehormatan

Segala puji hanya kembali dan milik Allah Tabaroka wa Ta’ala, hidup kita, mati kita hanya untuk menghambakan diri kita kepada  Dzat yang tidak membutuhkan sesuatu apapun dari hambanya. Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah, Muhammad bin Abdillah Shollallahu ‘alaihi wa Sallam, beserta keluarga dan para sahabat beliau radhiyallahu ‘anhum.

Pertanyaan :

Syaikh DR. Sholeh bin Fauzan Al Fauzan hafidzahullah pernah ditanya,

“Apakah ada perbedaan antara bertawassul dengan menggunakan dzat seseorang atau tawassul dengan menggunakan kehormatan/kedudukannya ?”

Jawab :

Beliau hafidzahullah menjawab,

“Tidak ada beda diantara keduanya. Keduanya terlarang baik bertawassul dengan diri seseorang, dzatnya ataupun dengan kehormatan/kedudukannya”

[Diterjemahkan dari Kitab Duruus Fii Syarhi Nawaaqid Al Islaam Syaikh DR. Sholeh bin Fauzan Al Fauzan hafidzahullah hal. 75 Terbitan Maktabah Ar Rusyd, Riyadh, KSA].

Hal yang sama juga pernah ditanyakan kepada Syaikh Muhammad bin Sholeh Al ‘Utsaimin Rohimahullah.

Beliau Rohimahullah pernah ditanya,

فضيلة الشيخ! هل هناك فرق بين التوسل بالجاه والتوسل بالذات؟

“Wahai Fadhilatusy Syaikh, apakah ada perbedaan antara tawassul dengan kehormatan seseorang dan tawassul dengan dzatnya ?”

Beliau Rohimahullah menjawab,

لا فرق بين أن يتوسل الإنسان بجاه النبي صلى الله عليه وسلم أو بذات النبي؛ وذلك لأن التوسل يا إخواني معناه: اتخاذ وسيلة توصلك إلى المقصود، هذا التوسل، أن تتخذ وسيلة توصلك إلى المقصود، فهل جاه الرسول عليه الصلاة والسلام ينفعك؟ الجواب: لا. لا ينفعك، ينفعك الإيمان بالرسول، ومحبة الرسول، واتباع الرسول، وما أشبه ذلك، أما جاهه فهو له، لا ينفع، كذلك ذات الرسول عليه الصلاة والسلام لا تتوسل بها، يعني: لو توسلت ما الفائدة؟ لو قلت: أسألك بالنبي، لا يستقيم هذا، وليس هذا وسيلة.

“Tidak ada bedanya antara seseorang yang bertawassul dengan kehormatan Nabi Shollallahu ‘alaihi wa Sallam atau dengan dzat Nabi Shollallahu ‘alaihi wa Sallam. Hal itu karena tawassul, wahai Saudaraku maknanya adalah mengambil/menjadikan sarana/washilah yang dapat menyampaikan kepada maksud yang diinginkan. Inilah yang dimaksud dengan tawassul yaitu dengan menjadikan sesuatu sebagai washilah/perantara yang dapat mengantarkan kepada maksud. Maka apakah dzat Nabi Shollallahu ‘alaihi wa Sallam bermanfaat pada anda (sekarang –ed.) ? Jawabnya tidak bermanfaat namun yang bermanfaat bagi anda adalah beriman terhadap Rosul, mencintainya dan mengikutinya serta hal-hal yang semisal itu.

Adapun kehormatan/kedudukan beliau maka itu untuk beliau dan hal itu tidak akan bermanfaat bagi anda. Demkian juga dzat beliau Shollallahu ‘alaihi wa Sallam yang mulia janganlah bertawassul dengannya. Yaitu kalau anda bertawassul dengannya maka tidak ada manfaatnya. Seandainya anda katakan, ‘Aku meminta kepada anda dengan perantaraan Nabi. Maka hal ini bukanlah washilah”.

واعلم أنك إذا توسلت بما لم يكن وسيلة فإن هذا بدعة ونوع من الشرك؛ لكن من الشرك الأصغر، أما إذا اتخذت وسيلة تنفعك وتثاب بها عند الله فَنَعَمْ توسل، ألم تر إلى قول الله تعالى في دعاء أولي الألباب يقولون: { رَبَّنَا إِنَّنَا سَمِعْنَا مُنَادِياً يُنَادِي لِلْإِيمَانِ أَنْ آمِنُوا بِرَبِّكُمْ فَآمَنَّا } [آل عمران:193] مَن المنادي الذي ينادي للإيمان؟ الرسول عليه الصلاة والسلام، هذا هو رأس مَن ينادي للإيمان، ومن بعده مَن خلفه في أمته، والعلماء ورثة الأنبياء، كلهم يدعون للإيمان، { أَنْ آمِنُوا بِرَبِّكُمْ فَآمَنَّا } [آل عمران:193] فهنا التوسل إلى الله بالإيمان به وبرسوله، فالمنادي للإيمان: الرسول عليه الصلاة والسلام، وهو على رأس المنادين للإيمان، فأنت تتوسل إلى الله بالإيمان به، أما جاه الرسول فلا منفعة لك منه.

“Ketahuilah sesungguhnya anda jika bertawassul dengan sesuatu yang tidak boleh digunakan sebagai washilah maka hal ini adalah bid’ah dan termasuk jenis kemusyrikan. Walaupun kemusyrikan kecil. Adapun jika anda menjadikan sebuah washilah yang benar-benar bermanfaat bagi anda dan anda mendapatkan pahala dari Allah maka anda boleh bertawassul dengannya. Tidakkah anda pernah membaca Firman Allah Ta’ala tentang do’a ulil albab ketika mereka mengatakan,

رَبَّنَا إِنَّنَا سَمِعْنَا مُنَادِياً يُنَادِي لِلْإِيمَانِ أَنْ آمِنُوا بِرَبِّكُمْ فَآمَنَّا

“Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar (seruan) yang menyeru kepada iman, (yaitu): “Berimanlah kamu kepada Tuhanmu”, maka kami pun beriman”.(QS. Ali ‘Imron [4] : 193)

“Siapakah yang memanggil menuju panggilan iman ? Rosulullah Shollallahu ‘alaihi wa Sallam. Beliaulah penghulu orang-orang yang memanggil menuju panggilan iman, diikuti oleh umat beliau setelahnya, para ulama pewaris para nabi. Semuanya menyeru kepada iman. Yaitu,

أَنْ آمِنُوا بِرَبِّكُمْ فَآمَنَّا

“Berimanlah kamu kepada Tuhanmu”, maka kamipun beriman”.(QS. Ali ‘Imron [4] : 193)

Maka pada ayat ini ditetapkan adanya tawassul kepada Allah dengan beriman kepada Rosulullah Shollallahu ‘alaihi wa Sallam[1]. Maka orang-orang yang memanggil menuju iman adalah Rosulullah Shollallahu ‘alaihi wa Sallam. Beliaulah penghulunya sedangkan anda bertawassul kepada Allah dengan beriman kepada Rosulullah Shollallahu ‘alaihi wa Sallam. Adapun kehormatan beliau tidaklah bermanfaat kepada anda”.

[Diterjemahkan dari Liqo’ Bab Al Maftuh 19/126].

 

Setelah Subuh,

13 Robi’ul Akhir 1435 H/ 13 Pebruari M

 

 

 

Aditya Budiman bin Usman

-yang mengharap ampunan Robbnya-



[1] Yaitu bertawassul dalam do’a dengan amal sholeh yaitu beriman kepada Rosulullah Shollallahu ‘alaihi wa Sallam.

 

Tulisan Terkait

Leave a Reply